Four basic business functions
• Manufacturing and production
• Sales and marketing
• Finance and accounting
• Sumber daya manusia
Five Basic Business Entities
• Suppliers
• Customers
• Pelanggan
• Pembayaran
• Products dan Servis
IT Membantu proses bisnis
- Percepat proses manual
- Rubah jalur informasi
Peran Sistem Informasi dalam Bisnis
Perusahaan berinvestasi dalam sistem informasi untuk:
Mencapai keunggulan operasional.
Kembangkan produk dan layanan baru.
Dapatkan keintiman dan layanan pelanggan.
Tingkatkan pengambilan keputusan.
Mempromosikan keunggulan kompetitif.
Pastikan bertahan hidup.
#2
Kecerdasan bisnis- Alat data dan perangkat lunak untuk mengatur dan menganalisis data Digunakan untuk membantu manajer dan pengguna membuat keputusan yang lebih baik
Sistem intelijen - bisnis Sistem Informasi Manajemen Sistem pendukung keputusan Sistem pendukung eksekutif
Sistem Informasi Manajemen
Melayani manajemen menengah
Berikan laporan tentang kinerja perusahaan saat ini, berdasarkan data dari TPS
Berikan jawaban untuk pertanyaan rutin dengan prosedur yang telah ditentukan untuk menjawabnya
Biasanya memiliki sedikit kemampuan analitik
Sistem pendukung keputusan
Melayani manajemen menengah
Mendukung pengambilan keputusan yang tidak rutin
Contoh: Apa dampaknya terhadap jadwal produksi jika penjualan Desember dua kali lipat?
Dapat menggunakan informasi eksternal juga data TPS / MIS
DSS yang digerakkan model
Sistem estimasi perjalanan
Sistem pendukung eksekutif
Melayani manajer senior.
Mengatasi masalah strategis dan tren jangka panjang.
E.g., produk apa yang harus kita buat dalam lima tahun?
Aplikasi perusahaan
Sistem yang menjangkau area fungsional, fokus pada menjalankan proses bisnis di seluruh perusahaan, dan mencakup semua tingkatan manajemen
Empat tipe utama
Sistem perusahaan
Sistem manajemen rantai pasokan
Sistem manajemen hubungan pelanggan
Sistem manajemen pengetahuan
Sistem Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM)
Bantu mengelola hubungan dengan pelanggan.
Mengkoordinasikan proses bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dalam penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan
Sistem Manajemen Pengetahuan (KMS)
Mendukung proses untuk menangkap dan menerapkan pengetahuan dan keahlian
Cara membuat, memproduksi, mengirimkan produk dan layanan
Juga digunakan untuk meningkatkan integrasi dan memperlancar arus informasi
Intranet:
Situs web internal perusahaan hanya dapat diakses oleh karyawan
Ekstranet:
Situs Web Perusahaan hanya dapat diakses secara eksternal oleh vendor dan pemasok
Sering digunakan untuk mengoordinasikan rantai pasokan
Bisnis elektronik
Penggunaan teknologi digital dan Internet untuk mendorong proses bisnis utama
E-commerce
Subset dari e-bisnis
Membeli dan menjual barang dan jasa melalui Internet
E-government:
Menggunakan teknologi Internet untuk menyampaikan informasi dan layanan kepada warga, karyawan, dan bisnis
#3
Bisnis sosial
Penggunaan platform jejaring sosial, internal dan eksternal
Libatkan karyawan, pelanggan, dan pemasok
Tujuannya adalah untuk memperdalam interaksi dan mempercepat pertukaran informasi
“Percakapan”
Membutuhkan transparansi informasi
Mengemudi pertukaran informasi tanpa intervensi dari eksekutif atau orang lain
Manfaat Bisnis dari Kolaborasi dan Bisnis Sosial
Investasi dalam teknologi kolaborasi dapat menghasilkan imbalan besar, terutama dalam penjualan dan pemasaran, penelitian dan pengembangan Produktivitas: Berbagi pengetahuan dan menyelesaikan masalah Kualitas: Resolusi lebih cepat dari masalah kualitas Inovasi: Lebih banyak ide untuk produk dan layanan Layanan pelanggan: Keluhan ditangani lebih cepat Kinerja keuangan: Dihasilkan oleh peningkatan faktor-faktor di atas
Teknologi untuk social
E-mail dan pesan instan (IM)
Wiki
Dunia virtual
Kolaborasi dan lingkungan bisnis sosial
Sistem pertemuan virtual (telepresence)
Layanan kolaborasi cloud
Google Drive, Dropbox
Microsoft SharePoint dan IBM Notes
Alat jejaring sosial perusahaan
#4
Departemen Sistem Informasi
Programmer Analis sistem Prinsip penghubung dengan seluruh perusahaan Manajer sistem informasi Pemimpin tim pemrogram dan analis, manajer proyek, manajer fasilitas fisik, manajer telekomunikasi, spesialis basis data, manajer operasi komputer, dan staf entri data Manajer senior: CIO (Chief Information Officer), CPO (Chief Privacy Officer), CSO (Chief Security Officer), CKO (Chief Knowledge Officer) Pengguna akhir
• Manufacturing and production
• Sales and marketing
• Finance and accounting
• Sumber daya manusia
Five Basic Business Entities
• Suppliers
• Customers
• Pelanggan
• Pembayaran
• Products dan Servis
IT Membantu proses bisnis
- Percepat proses manual
- Rubah jalur informasi
Peran Sistem Informasi dalam Bisnis
Perusahaan berinvestasi dalam sistem informasi untuk:
Mencapai keunggulan operasional.
Kembangkan produk dan layanan baru.
Dapatkan keintiman dan layanan pelanggan.
Tingkatkan pengambilan keputusan.
Mempromosikan keunggulan kompetitif.
Pastikan bertahan hidup.
#2
Kecerdasan bisnis- Alat data dan perangkat lunak untuk mengatur dan menganalisis data Digunakan untuk membantu manajer dan pengguna membuat keputusan yang lebih baik
Sistem intelijen - bisnis Sistem Informasi Manajemen Sistem pendukung keputusan Sistem pendukung eksekutif
Sistem Informasi Manajemen
Melayani manajemen menengah
Berikan laporan tentang kinerja perusahaan saat ini, berdasarkan data dari TPS
Berikan jawaban untuk pertanyaan rutin dengan prosedur yang telah ditentukan untuk menjawabnya
Biasanya memiliki sedikit kemampuan analitik
Sistem pendukung keputusan
Melayani manajemen menengah
Mendukung pengambilan keputusan yang tidak rutin
Contoh: Apa dampaknya terhadap jadwal produksi jika penjualan Desember dua kali lipat?
Dapat menggunakan informasi eksternal juga data TPS / MIS
DSS yang digerakkan model
Sistem estimasi perjalanan
Sistem pendukung eksekutif
Melayani manajer senior.
Mengatasi masalah strategis dan tren jangka panjang.
E.g., produk apa yang harus kita buat dalam lima tahun?
Aplikasi perusahaan
Sistem yang menjangkau area fungsional, fokus pada menjalankan proses bisnis di seluruh perusahaan, dan mencakup semua tingkatan manajemen
Empat tipe utama
Sistem perusahaan
Sistem manajemen rantai pasokan
Sistem manajemen hubungan pelanggan
Sistem manajemen pengetahuan
Sistem Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM)
Bantu mengelola hubungan dengan pelanggan.
Mengkoordinasikan proses bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dalam penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan
Sistem Manajemen Pengetahuan (KMS)
Mendukung proses untuk menangkap dan menerapkan pengetahuan dan keahlian
Cara membuat, memproduksi, mengirimkan produk dan layanan
Juga digunakan untuk meningkatkan integrasi dan memperlancar arus informasi
Intranet:
Situs web internal perusahaan hanya dapat diakses oleh karyawan
Ekstranet:
Situs Web Perusahaan hanya dapat diakses secara eksternal oleh vendor dan pemasok
Sering digunakan untuk mengoordinasikan rantai pasokan
Bisnis elektronik
Penggunaan teknologi digital dan Internet untuk mendorong proses bisnis utama
E-commerce
Subset dari e-bisnis
Membeli dan menjual barang dan jasa melalui Internet
E-government:
Menggunakan teknologi Internet untuk menyampaikan informasi dan layanan kepada warga, karyawan, dan bisnis
#3
Bisnis sosial
Penggunaan platform jejaring sosial, internal dan eksternal
Libatkan karyawan, pelanggan, dan pemasok
Tujuannya adalah untuk memperdalam interaksi dan mempercepat pertukaran informasi
“Percakapan”
Membutuhkan transparansi informasi
Mengemudi pertukaran informasi tanpa intervensi dari eksekutif atau orang lain
Manfaat Bisnis dari Kolaborasi dan Bisnis Sosial
Investasi dalam teknologi kolaborasi dapat menghasilkan imbalan besar, terutama dalam penjualan dan pemasaran, penelitian dan pengembangan Produktivitas: Berbagi pengetahuan dan menyelesaikan masalah Kualitas: Resolusi lebih cepat dari masalah kualitas Inovasi: Lebih banyak ide untuk produk dan layanan Layanan pelanggan: Keluhan ditangani lebih cepat Kinerja keuangan: Dihasilkan oleh peningkatan faktor-faktor di atas
Teknologi untuk social
E-mail dan pesan instan (IM)
Wiki
Dunia virtual
Kolaborasi dan lingkungan bisnis sosial
Sistem pertemuan virtual (telepresence)
Layanan kolaborasi cloud
Google Drive, Dropbox
Microsoft SharePoint dan IBM Notes
Alat jejaring sosial perusahaan
#4
Departemen Sistem Informasi
Programmer Analis sistem Prinsip penghubung dengan seluruh perusahaan Manajer sistem informasi Pemimpin tim pemrogram dan analis, manajer proyek, manajer fasilitas fisik, manajer telekomunikasi, spesialis basis data, manajer operasi komputer, dan staf entri data Manajer senior: CIO (Chief Information Officer), CPO (Chief Privacy Officer), CSO (Chief Security Officer), CKO (Chief Knowledge Officer) Pengguna akhir
Source :
1. Kenneth C. Laudon, Jane Laudon. (2017).Essentials of MIS, Global Edition. 12th Edition. Pearson Education Limited. UK. ISBN: 9781292153773 .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar