Rabu, 19 Juni 2019

Sistem Informasi Bisnis dalam Karir Anda

Baiklah, dalam bab ini kita akan membahas mengenai sistem informasi bisnis dalam karir Anda, untuk membahas hal ini dibagi menjadi 4 topik penting, yaitu :
1. Mengapa sistem informasi sangat penting untuk menjalankan dan mengelola bisnis hari ini?
2. Apa sebenarnya sistem informasi?
3. Memecahkan masalah terkait sistem informasi
4. Bagaimana sistem informasi akan mempengaruhi bisnis karir?
Dan sekarang marilah kita bahas satu persatu untuk memperoleh informasi yang lebih jelas.
1. Mengapa sistem informasi sangat penting untuk menjalankan dan mengelola bisnis hari ini?
Pada 2015, lebih dari 118.000.000 bisnis memiliki alamat dot-com yang terdaftar, 150.000.000 orang membaca berita online, dan 180.000.000 menggunakan situs jejaring sosial. Iklan internet terus tumbuh sekitar 15 persen per tahun. Hukum baru mengharuskan perusahaan untuk menyimpan lebih banyak data untuk waktu yang lebih lama. Perubahan dalam bisnis mengakibatkan perubahan dalam pekerjaan dan karier.

Apa yang baru di MIS?
IPhone, ponsel Android, dan High-Definition komputer tablet bukan hanya gadget atau outlet hiburan. Mereka mewakili komputasi baru yang muncul dan platform media berdasarkan array teknologi hardware dan software baru, dan juga semakin banyak komputasi bisnis yang bergerak dari PC dan mesin desktop untuk perangkat mobile ini.

Bisnis berinvestasi di IT untuk mencapai enam tujuan bisnis penting,yaitu :
1. Keunggulan operasional
2. Produk, Layanan, dan model bisnis baru
3. Keintiman pelanggan dan pemasok
4. Peningkatan pengambilan keputusan
5. Keunggulan kompetitif
6. Kelangsungan hidup

1. Keunggulan operasional
Peningkatan efisiensi menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi. Sistem informasi dan teknologi membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas.
2. Produk, Layanan, dan model bisnis baru
Sistem informasi dan teknologi memungkinkan perusahaan untuk membuat produk, Layanan, dan model bisnis baru.
3. Keintiman pelanggan dan pemasok
Pelanggan yang dilayani dengan baik menjadi pelanggan setia yang membeli lebih banyak
4. Peningkatan pengambilan keputusan
Jika Manajer bergantung pada perkiraan, Tebakan terbaik, dan keberuntungan, mereka akan salah mengalokasikan karyawan, Layanan, dan inventaris.
5. Keunggulan kompetitif
Sering kali hasil dari pencapaian tujuan bisnis sebelumnya
Keunggulan dibandingkan kompetitor:
Pengisian kurang untuk produk unggulan, kinerja yang lebih baik, dan respons yang lebih baik terhadap pemasok dan pelanggan
6. Kelangsungan hidup


2. Apa sebenarnya sistem informasi?
Kegiatan dalam sistem informasi yang menghasilkan informasi:
 Input
 Pengolahan
 Output
 Umpan balik

Fungsi Sistem Informasi :
 Tiga kegiatan dasar : input, pengolahan, dan output-menghasilkan informasi organisasi perlu.
 Umpan balik adalah output kembali ke orang yang tepat atau kegiatan di organisasi untuk mengevaluasi dan menyempurnakan masukan.
 Pelaku lingkungan, seperti pelanggan, pemasok, pesaing, pemegang saham, dan badan pengatur, berinteraksi dengan organisasi dan sistem informasinya.

Dimensi sistem informasi :
Organisasi
 Koordinasi bekerja melalui hirarki terstruktur dan proses bisnis.
 Culture embedded in information systems

Orang
Peran Manajer
 Melihat tantangan bisnis.
 Mengatur strategi organisasi.
 Mengalokasikan sumber daya manusia dan keuangan.
 Karya kreatif: produk baru, Layanan.

3. Memecahkan masalah terkait sistem informasi
Pemecahan masalah: proses empat langkah
1. Identifikasi masalah
2. Desain solusi
3. Pilihan
4. Implementasi

1. Identifikasi masalah meliputi:

• Perjanjian bahwa masalah ada
• Definisi masalah
• Penyebab masalah
• Apa yang dapat dilakukan diberikan sumber daya perusahaan

2. Desain solusi
• Sering banyak solusi yang mungkin
• Pertimbangkan sebanyak mungkin untuk memahami berbagai solusi

3. Evaluasi dan pilihan solusi: faktor termasuk
• Biaya
• Kelayakan diberikan sumber daya dan keterampilan
• Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan solusi

4. Implementasi
• Building or purchasing solution
• Testing solution, employee training
• Change management
• Measurement of outcomes
• Feedback, evaluation of solution
Peran berpikir kritis dalam pemecahan masalah
Tanpa berpikir kritis, mudah untuk melompat ke kesimpulan, salah menilai masalah, dan limbah sumber daya.

4.Bagaimana sistem informasi akan mempengaruhi bisnis karir?

Akuntansi: Akuntan semakin bergantung pada sistem informasi untuk meringkas transaksi, membuat catatan keuangan, mengatur data, dan melakukan analisa keuangan.

Keuangan: Hubungan antara sistem informasi dan manajemen keuangan dan Jasa begitu kuat sehingga banyak menyarankan jurusan keuangan untuk Co-Mayor dalam sistem informasi.

Pemasaran: Tidak ada bidang telah mengalami perubahan yang didorong teknologi dalam lima tahun terakhir dari pemasaran dan periklanan.

Manajemen operasi dalam layanan dan manufaktur: Manajer produksi, Manajer Layanan administrasi, dan analis operasi

Manajemen: Pekerjaan manajemen telah diubah oleh sistem informasi. Mustahil untuk mengelola bisnis saat ini tanpa sistem informasi.

Sistem informasi: Profesi yang cepat berubah dan dinamis karena teknologi informasi adalah salah satu alat terpenting untuk mencapai tujuan utama perusahaan bisnis Outsourcing domestik dan lepas pantai

Outsourcing dan Offshoring: Dua jenis: outsourcing untuk domestik perusahaan AS dan outsourcing untuk upah rendah negara seperti India, Cina Pemrograman produksi, pemeliharaan sistem, Call Center

Baiklah, sekian pembahasan mengenai bab 1 ini yang menjelaskan mengenai Sistem informasi bisnis dalam karir Anda, terima kasih sudah membaca tulisan dari kelompok kami.


Artikel yang berkaitan dengan materi ini:


PERANAN SISTEM INFORMASI MANAGEMEN DALAM BISNIS

Oleh: Dian Faiqul Himam (083143257)

Sebelum penulis membahas tentang peranan sistem informasi managemen dalam kegiatan bisnis kita harus perlu tahu apa itu sistem informasi managemen. Secara etimologi sitem informasi manejemen terdiri dari sistem yang berarti sekumpulan perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membetuk suatu totalitas atau sekumpulan aturan ataupun tata cara, sedangakan informasi merupakan penerangan, pemberitahuan, kabar atau berita tentang sesuatu, ataupun keseluruhan makna yg menunjang amanat yg terlihat dalam bagian-bagian amanat, dan managemen dalam buku karangan T.Hani Handoko diartika sebagai proses pengarahan, pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Secara terminologi sistem informasi manajemen merupakan sekumpulan perangkat yang saling berkaitan dalam melakukan sesuatu seperti mengumpulkan data, lalu kemudian memprosesnya, setelah itu disimpan dan kemudian mendistribusikan informasi untuk menunjang pengambilan keputusan dan pengawasan dalam suatu organisasi dan sangatlah membatu menejer dalam menganalisis permasalan.

Setelah kita tahu pengertian sistem informasi manajemen penulis akan membahas tentang kegiatan apa yang sebenarnya dilakukan sistem informasi. Sepengetahuan penulis kegiatan sistem informasi terdapat tiga poin penting yang harus pembaca ketahui yakni:

Ø  Input yang berti mengumpulkan data mentah dari dalam perusahaan ataupun yang dari luar perusahan / organisasi.

Ø  Proses disini merupakan pengubahan data yang didapat dari hail imput kemudian dijadikan bentuk yang lebih berarti.

Ø  Yang terahir dari kegiatan informasi yakni output, output merupakan pengiriman informasi yang telah diproses ke orang-orang yang menggunakan dan memanfaatkan informasi.

Setelah kita ketahui tentang apa itu sistem informasi manajemen dan kegiatannya, mestinya kita akan timbul pertanyaan, apa sih peran sistem informasi manajemen dalam kegiatan bisnis ?, tentukan kita sudah bisa menafsirkan dari penjelasan di atas bahwasannya peran sistem informasi manajemen dalam bisnis sangatlah penting yakni membantu segala kegiatan bisnis, meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam bekerja, juga membatu dalam pengambilan keputusan manajerial, dan menjaga kekompakan kerja dalam bisnis entah antara karyawan dengan manajer maupun karyawan dengan karyawan, sehingga dapat memperkuat posisi kompetitif perusahaan dalam pasar yang setiap saat berubah.

Alasan yang mendasar mengapa sistem informasi manajemen sangat penting dalam bisnis yakni karena merupakan dasar bagi jalannya bisnis saat ini, mengapa penulis menyebutkan dasar dari bisnis ?, yakni karena jika tampa sistem informasi manajemen maka perusahaan tidak akan mampu bersaing dalam ekonomi global. Pengubahan perusahaan menjadi perusahaan digital juga menjadi salah satu alasan yang mendasar karena dengan diubahnya perusahan tersebut menjadi perusahaan digital maka kinerja suatu perusaan akan menjadi lebih kompetitif dan efisien dalam menjalankan proses bisnis inti serta dalam hubungan dengan pelanggan, pemasok dan karyawan.

Tujuan bisnis menggunakan sistem informasi manajemen yakni untuk mencapai tujuan utama suatu organisasi (perusahaan) seperti: keunggulan bersaing dengan perusaan lain, keunggulan operasional, penciptaan produk baru, pelayanan yang memuaskan dan memudahkan serta mempererat hubungan pemasok dengan pelanggan, meningkatkan proses pengambilan keputusan, dan menjaga eksistensi serta kelangsungan hidup suatu organisasi (peusahaan) dari hari ke hari.

KESIMPULAN

Dari pemaparan di atas penulis dapat menyimpulkan bahwasannya sistem informasi manajemen sangatlah penting sekali dalam berbagai proses yang ada di perusahaan seperti proses pengumpulan data, pengelolaan data mentah menjadi data yang berarti bagi perusahaan, serta membatu manajer untuk mengambil keputusan dan membatu dalam menganalisis berbagai permasalahan yang timbul dikemudian hari.

Tujuan penggunaan sistem informasi manajemen dalam sebuah organisasi atau perusahaan yakni agar suatu perusahaan mampu bersaing bahkan bisa unggul dengan perusaan lain entah unggul di pemasarannya maupun unggul pada produksi barangnya. Sistem informasi manajemen juga bertujuan untuk pemuasan pelanggan, serta mempererat hubungan perusahaan dengan pemasok, dan menjaga eksistensi suatu perusahaan.

Source : 

1. https://www.kompasiana.com/dianfaiqul/5710ff002423bdde0aff86e7/peranan-sistem-informasi-managemen-dalam-bisnis
2. Kenneth C. Laudon, Jane Laudon. (2017).Essentials of MIS, Global Edition. 12th Edition. Pearson Education Limited. UK. ISBN: 9781292153773 .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar