Minggu, 23 Juni 2019

Mencapai Keunggulan Kompetitif dengan Sistem Informasi


Baiklah, dalam bab ini kita akan membahas mengenai sistem informasi bisnis dalam karir Anda, untuk membahas hal ini dibagi menjadi 4 topik penting, yaitu :
      1.      Menggunakan Sistem Informasi untuk mencapai keunggulan kompetitif
      2.      Bagaimana sistem informasi membantu bisnis bersaing secara global? 
      3.      Terjemahan Indonesia. Bagaimana sistem informasi membantu bisnis bersaing menggunakan kualitas dan desain?
      4.      Manajemen proses bisnis dan proses bisnis rekayasa ulang

1.Menggunakan Sistem Informasi untuk mencapai keunggulan kompetitif

Mengapa beberapa perusahaan menjadi pemimpin dalam industri mereka?
  Ø  Kekuatan kompetitif Michael Porter model
    Menyediakan pandangan umum perusahaan, para kompetitor, dan lingkungan 
  Ø  Lima kekuatan kompetitif membentuk nasib perusahaan :
         o Pesaing tradisional
         o Pendatang pasar baru
         o Produk dan layanan pengganti
         o Pelanggan
         o Pemasok
Dalam model kekuatan kompetitif Porter, posisi strategis perusahaan dan strategi yang ditentukan tidak hanya oleh persaingan dengan pesaing langsung tradisional tetapi juga oleh empat kekuatan lain dalam lingkungan industri: pendatang pasar baru, pengganti produk, pelanggan, dan pemasok.
  Ø  Pesaing tradisional
    Semua perusahaan berbagi ruang pasar dengan pesaing yang terus-menerus merancang produk baru, Layanan, efisiensi, dan biaya switching.
     Ø Pendatang pasar baru 
     Beberapa industri memiliki hambatan tinggi untuk masuk, misalnya, bisnis chip komputer. Perusahaan baru memiliki peralatan baru, pekerja muda, tapi sedikit pengakuan merek.
  Ø  Produk dan layanan pengganti
      Pelanggan pengganti mungkin menggunakan jika harga Anda menjadi terlalu tinggi, misalnya, iTunes pengganti CD
  Ø  Pelanggan 
     Dapatkah pelanggan dengan mudah beralih ke produk pesaing? Bisakah mereka memaksa bisnis untuk bersaing dengan harga sendiri di pasar transparan?
  Ø  Pemasok
      Pasar kekuatan pemasok ketika perusahaan tidak dapat menaikkan harga secepat pemasok

       Five Porter Analysis

s  Empat strategi generik untuk berurusan dengan kekuatan kompetitif, diaktifkan dengan menggunakan IT:
      ·         Kepemimpinan berbiaya rendah
      ·         Diferensiasi produk
      ·         Fokus pada ceruk pasar
      ·         Memperkuat keintiman pelanggan dan pemasok
  Ø  Kepemimpinan berbiaya rendah
Gunakan sistem informasi untuk mencapai biaya operasional terendah dan harga terendah.
Misalnya Walmart,
·  Inventaris pengisian sistem mengirimkan pesanan kepada pemasok ketika pembelian direkam di kasir.
·   Meminimalkan inventaris di gudang, biaya pengoperasian. 
  • Sistem respon Pelanggan yang efisien



  Ø  Diferensiasi produk
       ·  Gunakan sistem informasi untuk mengaktifkan produk dan layanan baru, atau sangat mengubah kenyamanan pelanggan dalam menggunakan produk dan layanan yang ada.
              o   Misalnya, Google terus menerus inovasi, Apple's iPhone.
    · Gunakan sistem informasi untuk menyesuaikan, personalisasi produk untuk menyesuaikan spesifikasi konsumen individu.
             o   Misalnya, program iD Nike untuk sepatu kets disesuaikan
  Ø  Fokus pada ceruk pasar
       ·  Gunakan sistem informasi untuk mengaktifkan fokus pasar tertentu, dan melayani target pasar yang sempit lebih baik daripada kompetitor.
              o   Menganalisa kebiasaan membeli pelanggan, preferensi
              o   Iklan pitches ke pasar target yang lebih kecil dan lebih kecil Misalnya, sistem OnQ Hilton Hotel 
        · Menganalisis data yang dikumpulkan pada tamu untuk menentukan preferensi dan profitabilitas tamu
  Ø  Memperkuat keintiman pelanggan dan pemasok
          Hubungan yang kuat dengan pelanggan dan pemasok meningkatkan biaya switching dan loyalitas
  Ø  Toyota: menggunakan IS untuk memfasilitasi akses langsung dari pemasok untuk jadwal produksi
    o  Memungkinkan pemasok untuk memutuskan bagaimana dan kapan untuk kapal pasokan untuk tanaman, yang memungkinkan lebih banyak waktu memimpin dalam memproduksi barang. 
  Ø  Amazon: melacak preferensi pengguna untuk pembelian, dan merekomendasikan judul yang dibeli oleh orang lain.
  Ø  Dampak internet pada keunggulan kompetitif
         ·  Transformasi atau ancaman bagi beberapa industri
            Contoh: biro perjalanan, ensiklopedia cetak, media
         ·  Kekuatan kompetitif masih bekerja, tetapi persaingan lebih intens
         ·  Standar Universal memungkinkan saingan baru, pendatang ke pasar
         ·  Kesempatan baru untuk membangun merek dan pelanggan setia basis

     · Model rantai nilai bisnis
      Menyoroti kegiatan tertentu dalam bisnis di mana strategi kompetitif terbaik dapat diterapkan dan di mana sistem informasi cenderung memiliki dampak strategis
         ·  Kegiatan utama
         ·  Aktivitas dukungan
         ·  Pembandingan
         ·  Praktik terbaik

 2. Bagaimana cara bisnis membantu bersaing secara global? 
           ·  Internet dan Globalisasi
Sebelum internet, bersaing secara global hanya pilihan untuk perusahaan besar mampu membeli pabrik, gudang, dan pusat distribusi di luar negeri.
Internet secara drastis mengurangi biaya operasional secara global.
Globalisasi manfaat:
·         Skala ekonomi dan biaya sumber daya pengurangan
·         Tingkat pemanfaatan yang lebih tinggi, biaya modal tetap, dan biaya yang lebih rendah per unit produksi
·         Mempercepat waktu ke pasar

  Ø  Strategi global bisnis dan sistem
           o   Eksportir domestik
               Sentralisasi berat kegiatan perusahaan di negara asal  
     o   Multinasional
                Berkonsentrasi manajemen keuangan di pusat basis rumah sementara desentralisasi produksi, penjualan, dan pemasaran ke negara lain 
     o   Franchisers
                Produk dibuat, dirancang, dibiayai, dan awalnya diproduksi di negara asal tetapi mengandalkan unit asing untuk produksi lebih lanjut, pemasaran, dan sumber daya manusia
            o   Transnasional
                Markas Regional (bukan Nasional) dan mungkin kantor pusat dunia; mengoptimalkan sumber daya sesuai kebutuhan.

     · Konfigurasi sistem global
        · Sistem terpusat
          Semua pengembangan dan operasi di rumah tangga Home Base 
        · Sistem duplikat:
           Pembangunan di Home Base tetapi operasi dikelola oleh unit otonom di lokasi Asing
        ·  Sistem desentralisasi:
           Masing-masing desain unit asing solusi sendiri dan sistem
        ·  Sistem jaringan:
           Pengembangan dan operasi terjadi dalam mode terpadu dan terkoordinasi di semua unit.

3. Bagaimana cara bisnis membantu bersaing menggunakan kualitas dan desain?

 Ø  Bagaimana Apakah meningkatkan kualitas ?
·         Kurangi waktu siklus dan Sederhanakan proses produksi.
·         Patokan
·         Gunakan permintaan pelanggan untuk meningkatkan produk dan layanan.
·         Meningkatkan kualitas desain dan presisi.
       §  Sistem desain yang dibantu komputer (CAD)
·         Meningkatkan presisi produksi dan mengencangkan toleransi produksi.

4. BPM dan BPR
  Ø  BPM: manajemen proses bisnis
         ·         Bertujuan untuk terus meningkatkan proses
         ·         Menggunakan berbagai alat dan metodologi untuk:
                o    Memahami proses yang ada
                o    Rancang dan Optimalkan proses baru

Langkah-langkah BPM :


Terjemahan Indonesia. 

 Ø  BPR: Business Process Reengineering 
     ·         Bentuk radikal perubahan cepat
     ·         Tidak terus-menerus perbaikan, tetapi penghapusan proses lama, penggantian dengan proses baru, dalam jangka 
            waktu singkat
     ·         Dapat menghasilkan keuntungan dramatis dalam produktivitas
     ·         Dapat menghasilkan lebih banyak perlawanan organisasi untuk mengubah
Source :
1. Kenneth C. Laudon, Jane Laudon. (2017).Essentials of MIS, Global Edition. 12th Edition. Pearson Education Limited. UK. ISBN: 9781292153773 .

2 komentar: